Senin, 07 Juli 2014

dosa warisan/dosa turunan?

Meskipun istilahnya dalam Injil tidak ada tetapi pengertiannya ada. Dosa warisan bukanlah dosa perbuatan. Akibat dosa Adam, maka putuslah hubungan antara manusia dan Allah, sehingga Adam dan Hawa serta keturunan mereka mengalami kematian rohani. Kita semua sejak dilahirkan sudah dalam keadaan mati rohani sehingga kita tidak mempunyai kekuatan untuk mengalahkan dosa, Yes 50:2; Mzm 51:7; Mrk 7:20-23.
Bandingkan dengan akibat dosa orang tua atau penyakit menurun yang menimpa anak-anak yang tidak bersalah.

Bagaimana cara kita menghilangkan dosa warisan?
Kita harus menerima penebusan dosa demi kematian Kristus supaya kita menerima hidup rohani kembali, diperdamaikan dengan Allah lalu menerima Roh Kudus demi iman kepada Tuhan Yesus. Maka mulailah suatu kehidupan yang baru dengan sifat-sifat baru, II Kor 5:17.

Pengaruh dosa warisan dalam diri manusia :
Dosa warisan mempengaruhi hati nurani shingga kurang berfungsi, mempengaruhi perasaan sehingaa mudah menjadi najis, benci, dendam, amarah, dst. mempengaruhi pikiran dan otak sehingga pandai mebela kesalahan, mempengaruhi daya keagamaan, sehingga menolak teguran Roh Kudus. Jangan kaget ada orang Kristen terjatuh ke dalam dosa. Siapapun bisa jatuh kalau tidak hati-hati, Mat 26:41; I Kor 8:7; Rm 1:21-22.   

Tidak ada komentar: