Jumat, 11 April 2014

Pendahuluan

PERHATIAN : tulisan di blog ini dari buku "KATEKISASI KOMPREHENSIF" Tanya Jawab Sekitar Agama Kristen, Penulis DR. Yan Antoni, ijin penulisan di blog ini  diberikan penulis buku kepada pengelola blog ini. 

isi diolah sedemikian rupa agar pembaca yang ingin membaca isi lengkapnya dapat membeli buku ini. Serta menghindari pengkopian secara tidak etis. terima kasih.


T:Betulkah agama Kristen berasal dari barat?
J:Fakta sejarah membuktikan bahwa adama Kristen berasal dari Timur Tengah, tepatnya dari Palestina, termasuk benua Asia. Jadi Agama Kristen berasal dari Timur bukan dari barat. tetapi kemudian dipeluk oleh bangsa barat. dan sesudah mereka diberkati Tuhan, meeka menyebarkan kembali ke Timur.

T: Betulkah agama Kristen agama penjajah?
J : Pada awalnya agama Kristen itu agama kaum terjajah, teraniaya, tertindas dan diperlakukan tidak adil. kemudian agama Kristen dipeluk oleh bangsa Eropa. Oleh pengaruh agamanya mereka menjadi bangsa yang maju dan pesat dalam segala bidang. 


T: benar ga manusia jaman ini ga perlu agama lagi?
J: 1. Manusia ga bisa lepas dari keyakinan dan agama, karena manusia mempunyai benih agama yaitu gambar Allah yang ada dalam diri manusia, (baca Kejadian 1:26-27). 

2. dalam jaman komputerisasi menjadikan manusia berstatus angka saja, untuk itu diperlukan kepercayaan kepada Allah agar status menjadi jelas, II Korintus 6:18, Yoh. 1:12 Roma 8:14. 
3. manusia selalu mencari makna dan tujuan yang abadi, Pkh. 3:11. Kristen memberikan kepastian hidup yang kekal dan KESELAMATAN yang dijamin, Yoh. 14:1-6.
4. Manusia memerlukan dasar moral (kaidah agama?) yang kuat buat pribadinya dan dalam rumah tangga, ajaran Yesus adalah yang terbaik bagi pribadi dan rumah tangga. Mat. 5-7. 

5.Manusia memerlukan TUHAN dan Yesus sang Mesias menjanjikan pengampunan dosa yang dijamin darahNya sendiri supaya kita menjadi harmonis dengan TUHAN ALLAH. Ibrani 9:11-28.

T: Apa ilmu pengetahuan bisa jawab semua misteri termasuk agama?
J: Iptek hanya menyelidiki rahasia alam semesta,Allah adalah pemilik alam ini dan juga para ahli ilmu pengetahuan, jadi Allah ada diatas iptek dan tidak bisa diselidiki sebagai obyek. Kej. 1:1, Iptek ga bisa menjelaskan surga dan neraka, tetapi Yesus Kristus yang empunya kerajaan Surga, Luk. 16:19-31; Yoh 1:1-14, Yoh. 14, Iptek kebanyakan dipake menyimpang dan membahayakan ini tanda bahwa iptek memrlukan dasar moral. Mat. 22:37-40.
 Iptek selalu up to date, jadi ga bisa bersandar sama iptek untuk mencari kebenaran kekal, kebenaran kekal hanya ada pada Yesus Kristus Yoh. 1:14, Iptek menjurus ke spesialisasi dan menyempit sehingga membatasi diri dan terus membatasi diri lagi sehingga tidak mungkin mendapatkan kebenaran yang menyeluruh. Banyak masalah tidak bisa dipecahkan terutama menyangkut manusia dan jiwa. Alkitab memberikan jawaban yanglebih baik. Yoh. 14:1-6, Yoh. 17:17. Iptek tidak bisa menjawab dengan memuaskan asal usul manusia (masa dari evolusi), asal alam ini, kehidupan dan manusia, makna dan tujuan hidup manusia. Alkitab menjawab dengan memmuaskan. Kej. 1-2, Yesaya 43:1-21.
Iptek ga bisa neliti apa itu dosa, dan menjawab dengan benar, Alkitab menjawabnya dengan benar. Kej. 3-6, Ibrani 1:1-4, Wahyu 20-22. 



Tidak ada komentar: