Minggu, 11 Mei 2014

Allah Tritunggal

Istilah tritunggal itu dalam Perjanjian Lama (PL) dan Perjanjian Baru (PB) TIDAK ADA. Tetapi istilah itu sangat menolong kita untuk mengerti Allah yang mengenalkan diri dalam PL dan PB. Penciptaan disebutkan sebagai Karya Allah, Firman dan Roh Allah. Banyak ayat yang tidak mungkin dipahami kalau kita tidak mengerti tritunggal.
Kej. 1:1-31, 1:26  Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
Kej 11:7 Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing."

ayb 19:25-27 Mzm 2 Dan 7:13 Yes 7:14; 9:5-6 40:1-11, 42:1-9, 49-53; Mi 5:1 Mat 28:19 II Kor 13:13, 1 Ptr 2:1-11, dll.


TRITUNGGAL TIDAK BERARTI ADA TIGA ALLAH. Alkitab dengan tegas mengajarkan bahwa Allah tu Esa. (Ul. 6:4, Kel. 20:3 Yoh 10:30 Mrk 12:29). Namun kita tidak boleh menyamakan Allah itu dengan bilangan 1 sehingga 1+1+1=1. Lebih tepat kalau kita memakai bilangan tak terhingga atau seumpama matahari bisa dikenal melalui cahayanya dan panasnya. Demikian Allah dikenal melalui Yesus Kristus dan oleh Roh Kudus yang menyebabkan kita merasakan kehadiran Allah. Allah Bapa bertakhta di Surga, Yesus Kristus sebagai Pengantara dan Roh Kudus mewakili kehadiran Allah dimana-mana, tetapi ketiganya satu jua. Seumpama manusia memiliki tubuh, roh, dan jiwa. Pada hakekatnya alam ciptaan mempunyai cap tritunggal hampir setiap atom mempunyai proton, neutron dan elektron.

DEFINISI ALLAH sehingga YESUS DISEBUT ALLAH.
Allah ialah Maha Pencipta, Mahakuasa, Mahasuci, Mahakasih. Yesus Kristus adalah Maha Pencipta sebelum menjadi manusia (Yoh. 1:1-3). Yesus Kristus juga Mahakuasa, bisa berbuat apa saja seperti Allah: membangkitkan orang mati yang sudah busuk Yoh 11 dan menyembuhkan segala penyakit, memulihkan segala cacat tubuh seperti buta, tuli, timpang, dsb. Semua ciptaan menaati perintah-Nya kecuali manusia yang diberi kebebasan (baca Injil). Yesus Kristus juga Mahasuci (Mrk. 1:24 Yoh 8:46) Yesus Mahakasih Luk 23:34 Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.
 Allah disebut BAPA artinya Allah itu mempunyai sifat kebapaan yang sempurna, yang ideal, yaitu penuh dengan kasih sayang, namun memgang teguh disiplin dan hukum. Selain itu Allah juga sebagai Pencipta berarti sumber dari segala ciptaanNya. Dengan kata lain Allah adalah Bapa semua ciptaan-Nya, juga Allah menghendaki manusia menurut kehendak Allah dengan kasih seperti anak menurut kepada ayahnya. Mal 1:6 Efs 5:1

Allah memelihara dan memperhatikan semua ciptaan-Nya. Allah menetapkan hukum-hukum alam dan mengawasinya. Allah menyediakan makanan bagi semua mahluk hidup. Alam semesta selalu dalam keseimbangan kecuali manusia mengganggu keseimbangan itu. setiap dosa dan kejahatan dijadikan alasan oleh kuasa kegelapan untuk mendatangkan bencana. Apapun yang terjadi di alam semesta selalu dalam pengawasan dan izin Allah Yang Maha Kuasa dan Penguasa Mahatinggi. Rencana Allah atas manusia tidak pernah gagal Ayub 42:2.2  "Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal."

Tidak ada komentar: